Translate

4 Jul 2013

jalan ma'rifat allah

 بسم الله الرحمن الرحيم

Baiklah para hamba Allah yang benar hatinnya, berbicara tentang ma'rifat sangat dekat dengan perdebatan panjang, karna ilmu ma'rifat sangat subjektif, yang merasakan hanya orang yang mendapatkannya dan orang pilihan, ma'rifat bisa kita artikan putus atau jelas terang benerang tanpa adannya hijab. Disini kami akan sedikit mengungkap tentang tips untuk bisa sedikit mengenal dan memahami tentang ma'rifat, kenapa ma'rifat itu penting??karna ma'rifat itu adalah pondasi utama untuk mengenal akan sesuatu begitupun pengenalan kita akan sebuah agama, karna awal agama adalah ma'rifat akan Allah.

Sebelum melangkah tetang ma'rifat akan Allah ada baiknya kita pahami akan diri kita sendiri dulu, karna barang siapa kenal diri maka akan kenal akan tuhannya, siapa kita....ternyata kita hanya seorang hamba yang fani, hina, fakir, miskin, dan dhoif. Sedikit aja terbesik dalam hati kita merasa kaya, merasa kuat, merasa pintar, merasa hebat, dll intinya pengakuan akan diri sendiri, maka semua akan sia-sia ritual yang kita kerjakan. sekuat apapun manusia ibarat bisa terbang membelah bulan tapi dia tidak percaya akan kekuatan itu milik Allah maka itu tinggal menunggu hari semua akan diambil yang punya yaitu Allah aza wajal.

Dalam lingkaran ma'rifat tidak akan ada pengakuan akan diri semua melebur dalam air ma'rifat Allah, Tidak ada hajat yang keluar kecuali hajat akan Allah, tidak akan pernah hidup kecuali zat Allah itu sendiri, Semua tunduk dan patuh kepada Asama Allah, Sifat Allah, Af'al Allah, dan Zat Allah.
ini ada sedikit beberapa langkah untuk mengenal diri dan ma'rifat Allah

1.Bertaubat
2.Zikir
3.Meninggalkan perkara yang tidak ada manfaatnya
4.Mencari guru yang mursid/yang kenal dan paham akan Allah, Guru disini peran yang sangat penting karna guru yang sebenarnya guru sanggup menanggung duni dan ahirat atas muridnya, maksudnya jika yang diajarkan guru itu salah maka sang guru siap bertanggung jawab di hadapan Allah.