Translate

30 Sep 2016

Manunggal

Salam sejahtera untuk kita semua, dalam kesempatan ini hamba akan menjelaskan sedikit tentang manunggal...Apa manunggal itu??? Manunggal adalah penyatuan, ditarik dari pemahaman hakikat manunggal kaitannya penyatuan dengan Allah ta'la atau bahasa lain manunggale kawulo gusti.
Pertanyaan besar timbul apakah mungkin hamba akan sampai dan menyatu dengan Allah karena ini dua unsur yang berbeda??? Jawabannya mungkin dan pasti terjadi,,,Karena sesuatu yang muncul dalam benak manusia semua akan mungkin kecuali tidak tersirat di benak manusia baru itu tidak akan mungkin.

Para wali-wali allah, kaum mukhorobin, orang-orang yang saleh, semua telah membuktikan dan itu terjadi. Lalu bagaimana caranya untuk kita sampai dan menyatu dengan Allah SWT???Tentu jawabannya banyak cara dan ritual khusus yang harus di tempuh,,diantaranya melalui jalur zikir, tafakur, musyahadah, persemedian, dsb. Cara yang lebih khusus yaitu dengan cara mematikan diri dengan menutup semua indra, dan tidak berkehendak apa-apa. Kita satukan rasa, satukan perasa, satukan kehendak, setelah semua menyatu makan akan jadi gugusan cahaya dan diatas cahaya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar